Senin, 07 Maret 2011

Memahami kolesterol


Setiap orang menyadari bahwa kolesterol adalah sesuatu yang harus dihindari. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan masalah jantung, penyakit jantung atau serangan jantung. Kolesterol dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko anda terkena stroke. Lalu bagaimana dengan kolesterol baik ? Apakah ada kolesterol baik itu?Dan jika ada, apa bedanya ?Kunci dalam memahami dan mengontrol kadar kolesterol anda adalah rasio kolesterol.

Rasio kolesterol adalah sesuatu yang digunakan oleh dokter dan ahli kolesterol dalam menentukan nilai total kolesterol dan kolesterol HDL dalam darah anda. HDL adalah kependekan dari High Density Lipoprotein, dan ini artinya adalah 'kolesterol' baik. Apa artinya kolesterol baik ? Apa yang membuatnya baik ? Setidaknya, kolesterol 'jahat' akan menyebabkan semua komplikasi diatas bila jumlahnya terlalu banyak, sedangkan kolesterol HDL dapa juga menyebabkan masalah diatas, bila jumlahnya sedikit. Itulah sebabnya anda membutuhkan keseimbangan dan anda akan mengerti tentang keseimbangan ini dengan cara memahami rasio kolesterol.

Karena setiap orang berbeda, kadar kolesterol bukanlah satu-satunya faktor. Misalkan, pria bertubuh tinggi besar dapat saja memiliki kadar kolesterol tinggi dibandingkan wanita bertubuh pendek. Namun kadar kolesterol saja tidak menggambarkan keadaan keseluruhan - sirkulasi, kebugaran fisik dan metabolisme juga merupakan beberapa faktor yang menentukan perilaku tubuh terhadap kadar kolesterol. Terlepas dari semua itu, semua orang setuju bahwa jauh lebih baik memiliki kolesterol baik daripada kolesterol jahat. Dengan demikian, rasio kolesterol anda adalah jumlah kolesterol baik yang anda miliki dibandingkan dengan jumlah total kadar kolesterol. Faktanya, hampir seluruh dokter setuju bahwa rasio kolesterol adalah faktor penentu yang sangat berguna untuk menentukan tingkat resiko anda terhadap penyakit jantung.

Kolesterol dalam darah anda dihitung dalam miligram per desiliter darah. Mungkin, kadar total kolesterol anda adalah 250 miligram per desiliter dan kadar kolesterol baik anda 50 mg per desiliter. Dengan demikian rasio kolesterol anda adalah 5 : 1. Rasio kolesterol ini termasuk cukup baik. Semakin kecil rasio kolesterol anda, semakin kecil resiko anda terkena penyakit jantung.

Apapun yang anda katakan tentan jantung anda, tekanan darah anda, atau rasio kolesterol anda, yang terpenting untuk selalu diingat adalah bahwa kunci dari kesehatan adalah keseimbangan. Jika anda dapat mempertahankan rasio kolesterol anda dibawah 5: 1 dan meningkatkan berbagai aspek kesehatan anda, anda akan memiliki kesempatan besar untuk menghindari penyakit jantung dan penyakit-penyakit lainnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar